24 Februari 2013

Hamil 2 Bulan : Susah Makan dan Perut Linu

Diposting oleh tiu_aja di 20.30

babyorchestra. Keluhanku selama 2 bulan kehamilan ini hampir sama dengan kebanyakan wanita lain. Mual-mual, susah makan, ngantuk, capek, pusing, masih sering cemas dengan kehamilanku dan yang agak lain perut terasa linu dan nyut-nyutan. Beginilah caraku mengatasinya :

1. Mual-mual : Aku selalu sedia permen jahe kemanapun aku pergi. Setiap terasa mau mual, aku langsung kunyah permen jahe sampai mualnya reda. Cara lain yang jitu yaitu minum madu 2 sendok makan. Biasanya langsung reda dan bisa nambah nafsu makan juga. Berhubung mual masih sering terutama pada siang hari, aku menggeser jam makan siang dari jam 12.30 jadi jam 15.00. Sementara siang harinya aku makan buah-buahan. Kalau sikat gigi jangan terlalu heboh ya karena bisa memicu mual juga.

2. Ngantuk dan capek : ini terjadi karena hormon progesteron yang meningkat selama kehamilan. Jadi terimalah apa adanya gak usah merasa bersalah selama hamil jadi banyak bobo-an. Pada awalnya aku juga merasa kayak orang malas yang tak berguna, tapi dilawan pun tak bisa. Jadi lebih baik kita mengikuti alam bergerak saja, asal tetap seimbang.

3. Pusing : kalau aku merasa pusing -biasanya kepala terasa berat- minum air hangat dan tidur. Katanya merendam kaki dengan air panas bisa membantu. Trus yang paling jitu sih minta suami kita pijatin kepala, dijamin langsung tidur pulas :) Tapi hati-hati kalau gejala pusingnya karena anemia. Harus konsultasi ke dokter tuh dan minum tablet penambah darah.

4. Cemas : di bulan ini kebanyakan semua bumil masih cemas kok. Kita semua senasib karena kehamilan trisemester satu memang masih rawan keguguran. Aku sendiri jadi sering ke kamar mandi lihat celana dalam takut ada flek-flek lagi berhubung aku sering keluar flek. Menurut salah satu penelitian, keguguran lebih dikarenakan oleh kelainan kromosom dan genetik bukan karena kita melakukan ini atau tidak melakukan itu. Jadi kecemasan kita gak akan bisa menambah atau mengurangi takdir kehidupan anak kita, karena itu hak prerogatifnya Tuhan. Berserah saja.

5. Susah Makan : Paksa! Bagaimanapun susahnya makanan masuk, harus dipaksa karena nutrisi adalah faktor maha penting dalam tumbuh kembang janin. Nasib anak kita sudah kita bentuk dari kandungan melalui pola makan kita, jangan gara2 mual dikit menyesal seumur hidup loh. Hamil kan cuma 9 bulan. Tapi hidup anak kita puluhan tahun. Kita gak mau punya anak bodoh dan sakit-sakitan di kemudian hari kan ?

6. Perut Linu : ternyata ini akibat otot rahim kita yang meregang karena anak kita yang semakin membesar di dalam sana. Jadi normal-normal aja kok. Kecuali kalau kram perut hebat seperti mau mens disertai pendarahan, mungkin itu gejala keguguran.

Intinya di trisemester pertama ini kita memang harus berhati-hati menjaga kandungan, menjaga kondisi fisik dan psikis dan makan makanan sehat. Lakukan apa yang bisa kita lakukan semaksimal mungkin. Selebihnya serahkan pada Allah Yang Maha Menjaga, ga perlu cemas :)

0 komentar:

 

THe WaY oF LiFe Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea