13 Januari 2013

Tips merencanakan liburan

Diposting oleh tiu_aja di 20.35
Perencanaan liburan yang buruk bisa menyebabkan kurangnya informasi yang mungkin mengakibatkan biaya yang membengkak, barang bawaan yang terlalu banyak & merepotkan, bahkan traveler diare bisa mengganggu liburan anda dan mungkin merubahnya menjadi bencana. Berikut kami berikan tips & trick merencanakan liburan yang mungkin bisa anda gunakan.


Informasi.
Galilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai daerah yang akan dituju, bisa dengan bertanya pada teman, melihat dari majalah atau mencarinya di internet. Saat ini pencarian informasi melalui internet sudah lebih baik dengan banyaknya situs-situs yang memberikan informasi lengkap tentang objek wisata. Jika memungkinkan carilah travel log atau catatan perjalalan / pengalaman orang lain yang pernah mengunjungi tempat yang ingin anda tuju, karena akan lebih membantu & informatif.

Mulailah untuk belajar membuat travel log / catatan kecil perjalanan anda mengenai biaya, waktu tempuh, ongkos, penginapan dan lain-lain. Catatan tersebut bisa anda simpan atau anda publish di internet / blog anda untuk membantu wisatawan lain yang akan mengikuti jejak langkah anda.


Peta Wisata
Banyak orang yang belum menyadari betapa pentingnya sebuah peta. Pada dasarnya peta andalah gambaran permukaan bumi yang ditulis pada bidang datar (karena bumi berbentuk bulat / elipsoid). Selain menunjukan lokasi, peta yang baik harus memiliki skala, sehingga anda bisa menentukan jarak suatu tempat ke tempat lain, yang pada akhirnya anda dapat menentukan perkiraan waktu tempuhnya. Peta yang lebih informatif dilengkapi dengan garis kontur yang merupakan gambaran ketinggian, sehingga anda bisa mengetahui suatu tempat berada di dataran tinggi atau rendah, atau perjalanan yang akan menanjak / menurun (posisinya relatif terhadap posisi anda sekarang).

Karena banyaknya informasi yang terdapat di permukaan bumi, maka peta sering dibuat berdasarkan tema, untuk menghindari kelebihan informasi yang pada ujungnya akan membingungkan penggunanya. Peta wisata biasanya dibuat khusus untuk keperluan wisatawan, dimana informasi yang menunjang seharusnya termuat di dalamnya, seperti lokasi hotel, restaurant, tourist information center, objek wisata, rute kendaraan umum, terminal, dll.

Siapkanlah peta daerah yang akan anda tuju. Saat ini peta wisata bisa dibeli di toko-toko buku dengan harga yang terjangkau, dan mulailah belajar untuk menggunakannya.


Transportasi.
Ada beberapa alternatif transportasi yang dapat digunakan menuju dan selama liburan anda dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Apabila anda memutuskan menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya hanya jika tujuan wisata anda tidak terlalu jauh, pastikan kondisi kendaraan anda dalam keadaan prima, cek semua kelengkapan standar seperti tool box & ban serep, surat-surat Dll.

Apabila anda memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum baik darat, laut maupun udara, pesanlah tiket jauh hari sebelum hari keberangkatan. Selain memastikan ketersediaan tiket / tempat, memesan jauh hari sebelumnya juga bisa menghemat biaya (terutama tiket pesawat terbang) karena biasanya harganya masih lebih murah.

Bandingkan harga tiket pesawat terbang dari berbagai maskapai & agen penerbangan online tanpa perlu membuka websitenya satu pesatu..

Akomodasi.
Mungkin sebagian dari anda ada yang mengenal istilah ├»¿½harga corporate├»¿½. Harga tersebut merupakan harga diskon yang diberikan oleh hotel kepada rekanan bisnisnya, bisa berupa perusahaan-perusahaan besar yang prospektif maupun perusahaan travel. Untuk hotel berbintang 3-5, diskon harga yang diberikan bisa mencapai 45% dari publish rate (harga untuk pengunjung umum) saat weekday dan sampai dengan 35% saat weekend. Oleh sebab itulah perusahaan travel bisa memberi harga diskon yang besar kepada pelanggannya. Sedangkan untuk hotel kecil sampai dengan hotel melati, diskon yang didapat berkisar 10% saja.

Dari penjelasan di atas, sebaiknya anda memesan hotel melalui travel (pilihlah perusahaan travel yang baik dan bisa dipercaya) untuk mendapatkan harga diskon (pastikan harga yang anda bayar dibawah harga publish rate, anda bisa mengetahui harga publish rate dengan menelepon langsung hotel atau mengeceknya di internet), dan usahakan pesan jauh hari sebelum waktu liburan anda tiba, untuk memastikan ketersediaan kamar di hotel yang anda impikan.


Barang Bawaan & Packing.
Banyak sekali wisatawan yang kaget ketika menyadari betapa banyak barang yang harus dibawa. Memang diperlukan pengalaman untuk menjadi efisien dalam menentukan barang apa saja yang dibawa dan seni mengepak barang ke dalam tas. Untuk anda yang berlibur dengan menggunakan kendaraan umum, hal ini akan menjadi penting karena barang bawaan bisa mengganggu perjalanan liburan anda. Berikut tips dari kami :

1. Bawalah barang secukupnya, pastikan bahwa tidak ada barang terutama pakaian yang tidak akan terpakai masuk kedalam tas anda. Ingat bahwa semakin banyak barang bawaan anda maka akan semakin merepotkan. Jangan membawa barang cadangan misal baju cadangan, celana cadangan, handuk cadangan dll, cukup yang akan dipakai saja. Pertimbangkan pula bahwa hampir semua hotel memiliki fasilitas laundry, misalkan untuk pakaian tidur cukup membawa satu saja, apabila kotor cukup masukan ke laundry di pagi hari, di malam harinya anda sudah bisa memakainya kembali. Bayangkan apabila anda akan menginap selama 1 minggu, maka anda telah menghemat tempat di tas anda sebanyak 6 buah baju tidur.

2. Handuk, Sabun, Sampo Dll. Biasanya sudah tersedia di hotel, tidak perlu membawa handuk besar, mungkin cukup handuk kecil.

3. Pilihlah tas yang kuat & berkualitas baik, simple dan mudah digunakan. Tas BackPack lebih mudah dibawa karena menempel di punggung anda, distribusi bebannya baik sehingga anda tidak akan cepat lelah. Tas backpack juga bisa dibawa ke mana saja, tidak seperti tas dengan roda. Pastikan semua barang bawaan masuk ke dalam tas, hindari ada barang lain di dalam plastik misalnya yang akan anda tenteng, karena akan merepotkan dan bahkan mungkin akan tertinggal. Bawalah satu tas kecil tambahan (misal tas pinggang) untuk menyimpan barang yang sering dipakai seperti tiket, uang receh dll.

4. Bawalah payung, disamping untuk melindungi dari hujan juga bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari panas (multifungsi).

5. Jangan membawa barang berharga. Apabila terpaksa membawanya, titipkanlah di deposit box hotel ketika anda bepergian, lebih baik jangan membawa barang berharga ke tempat wisata. Jangan meninggalkan barang berharga di kamar hotel.

6. Perhatikan juga lokasi geografis tempat yang akan anda tuju, apakah pegunungan yang berhawa dingin atau daerah yang bergawa panas, bawalah pakaian yang cocok untuk tempat tersebut. Misalnya anda tidak perlu membawa jaket apabila akan berlibur ke tempat yang berhawa panas.

7. Ingatlah bahwa pakaian kotor bahkan mungkin basah akan menyita lebih banyak tempat dibanding ketika anda membawanya pertama kali dalam keadaan kering & terlipat rapi.

8. Jangan lupa sisakan ruang di tas anda untuk oleh-oleh.


Travelers Diare.
Travelers diare atau penyakit diare saat bepergian ialah penyakit yang sudah lumrah dialami wisatawan, ini disebabkan oleh kebiasaan buruk wisatawan itu sendiri yaitu senang memakan berbagai macam jajanan khas daerah yang dikunjungi tanpa memperhatikan kebersihannya. Untuk itu persiapkanlah obat diare anda juga pil norit sebelum anda bepergian.


Berfikir Positif.
Nikmatilah setiap kelebihan dan kekurangan perjalanan anda. Bersikaplah ramah misal kepada pedagang asongan, atau kepada pemandu tak diundang yang tiba-tipa saja mengantarkan anda lalu meminta uang setelahnya. Mereka hanyalah orang yang mencari penghidupan. Buatlah perjalanan anda menyenangkan dengan berfikir positif.

Tetap berhati-hati dan waspada terhadap kejahatan, terutama di tempat-tempat umum seperti terminal & pelabuhan laut / ferry.
indotravelers

0 komentar:

 

THe WaY oF LiFe Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea